Rabu, 26 November 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia (materi 4)



Manajemen Sumber Daya Manusia (materi 4)

ORIENTASI PELATIHAN, PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
 
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
 Pengertian :
.Pelatihan dan Pengembangan adalah: Suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki SDM berupa pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu melaksanakan pekerjaan dengan hasil yang optimal
.Antara Pelatihan dan Pengembangan mempunyai makna yang berbeda.
.Pelatihan adalah: Upaya meningkatkan (memperbaiki) penguasaan berbagai keterampilan dan Tehnik pelaksanaan kerja tertentu secara rinci dan rutin.
.Pengembangan  adalah: Berbagai upaya mempersiapkan karyawan untuk memegang tanggung jawab atas pekerjaan di masa akan datang.

ORIENTASI
Membekali pekerja baru dengan informasi yang mereka perlukan untuk dapat melaksanakan pekerjaannya secara memuaskan Informasi yang disampaikan, diantaranya :
a.Sejarah perusahaan
b.Aturan dan kebijaksanaan, nilai-nilai yang ada dalam perusahaan
c.Sarana dan prasarana

PENGORIENTASIAN
Dengan orientasi diharapkan pekerja baru akan:
.Merasa diterima baik
.Memahami tentang perusahaan dalam pengertian yang luas
.Mengetahui apa yang akan dikerjakan dan prilaku yang diharapkan dari mereka memiliki
.memulai proses untuk mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku dalam orgnaisasi

PELATIHAN
Metode digunakan untuk memberi dan meningkatkan keterampilan pekerja (baru dan yang telah ada) agar karyawan dapat bekerja dengan baik.orientasi pada prestasi jangka pendek.

PENGEMBANGAN SDM
Pengembangan SDM, artinya mempersiapkan pekerja menduduki posisi posisi demi pengembangan organisasi di masa yang akan datang. Pengembangan juga diarahkan untuk menghadapi tantangan-tantangan yang biasanya dihadapi organisasi.
Tantangan-tantangan yang dimaksud terdiri dari:
1.Keusangan Karyawan: dimana karyawan tidak lagi mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara efektif.
2.Perubahan perubahan sosio teknis (sosialdanteknologi): merancang program pengembangan sesuai kemajuan teknologi  dan perubahan-perubahan masyarakat.
3.Turnover(PerputaranKaryawan): Turnover tidak dapat diperkirakan. Oleh karena itu organisasi (departemen SDM) harus siap tiap saat menyediakan tenaga pengganti bila terjadi turnover.

Proses pelaksanaan pelatihan dan pengembangan Karyawan
            .Analisis kebutuhan terhadap pelatihan (Training Needs Analysis)
            .Mendisain modul pembelajaran
            .Validasi
            .Implementasi
            .Evaluasi dan tindak lanjut
Analisis Kebutuhan Pelatihan
            Analisis Organisasi
            Analisis Tugas
            Analisis Individu
Sumber data untuk analisis kebutuhan pelatihan
            .Deskripsi Jabatan
            .Spesifikasi Jabatan
            .Standar Pekerjaan
            .Pelaksanaan Pekerjaan
            .Mengamati sampel pekerjaan

Sumber data lainnya
.           Sumber Kepustakaan berkaitan dengan pekerjaan
            .Ajukan pertanyaan berkaitan dengan pekerjaan
            .Komite pelatihan
            .Analisis terhadap masalah operasi

Teknik Training Karyawan Operasional
1.      On-the-job training
2.      Magang
3.      Simulasi
Belajar Jarak Jauh
-Teletraining (pelajar dan pengjar berbeda tempat)
-Video conference (antara sesama pelajar berbeda tempat dengan pengajar)
4.      Pelatihan berbasis komputer
5.      Pelatihan melalui CD-ROM dan Internet
Pelatihan dan Pengembangan Manajerial
I. On-the-job training:
            a. rotasi pekerjaan,
            b. Pembelajaran Action learning
II .Off the job Training
            a. Metode studi kasus
            b. Management games
            c.outside seminars
            d. Program berkaitan dengan pendidikan akademis di universitas
Karakteristik Trainer Yang Berhasil
.Minat
.Instruksi yang jelas
.Memberikan bantuan
.Antusias
.Memiliki daya humor
.Jujur / alamiah
.Memahami pendengar
.Menguasai materi

Pengukuran Efektifitas Training
·       -  Reaksi
Diukur berdasarkan impresi, opini dans ikap, seberapa banyak partisipan yang  menyukai program: content,  trainer, metode.
·        - Pembelajaran
Seberapa baik trainee  mempelajari skill tertentu(know-how)
·        - Perilaku.
Identifikasi perubahan dalam skill, pola pekerjaan, relationship, kemampuan. Pengujian transfer of training.
·       -  Hasil
Pengaruh training terhadap pencapaian tujuan organisasi. Analisiscost-benefit training

Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan
-Reaksi terhadap pelaksanaan pelatihan (sarana, metode, isi, dan lainnya)
-Pembelajaran (apakah peserta meningkat keterampian, perubahan sikap dan pengetahuan peserta  pelatihian)
-Prilaku, apakah ada perubahan prilaku peserta setelah mengikuti pelatihan
-Hasil, ada peningkatan prestasi organisasi atau unit kerja sebagai akibat dari peningkatan kemampuan, pengetahuan dan sikap karyawan yang telah dilatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar