Manajemen
Sumber Daya Manusia (materi 4)
ORIENTASI
PELATIHAN, PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
Pengertian
:
.Pelatihan dan Pengembangan adalah: Suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan
yang dimiliki SDM berupa pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu melaksanakan
pekerjaan dengan hasil yang optimal
.Antara Pelatihan
dan Pengembangan mempunyai makna yang berbeda.
.Pelatihan adalah: Upaya meningkatkan (memperbaiki)
penguasaan berbagai keterampilan dan Tehnik pelaksanaan kerja tertentu secara rinci
dan rutin.
.Pengembangan adalah: Berbagai upaya mempersiapkan karyawan untuk memegang
tanggung jawab atas pekerjaan di masa akan datang.
ORIENTASI
Membekali
pekerja baru dengan informasi yang mereka perlukan untuk dapat melaksanakan
pekerjaannya secara memuaskan Informasi yang disampaikan, diantaranya :
a.Sejarah
perusahaan
b.Aturan
dan kebijaksanaan, nilai-nilai yang ada dalam perusahaan
c.Sarana
dan prasarana
PENGORIENTASIAN
Dengan
orientasi diharapkan pekerja baru akan:
.Merasa
diterima baik
.Memahami
tentang perusahaan dalam pengertian yang luas
.Mengetahui
apa yang akan dikerjakan dan prilaku yang diharapkan dari mereka memiliki
.memulai
proses untuk mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku dalam orgnaisasi
PELATIHAN
Metode
digunakan untuk memberi dan meningkatkan keterampilan pekerja (baru dan yang
telah ada) agar karyawan dapat bekerja dengan baik.orientasi pada prestasi
jangka pendek.
PENGEMBANGAN SDM
Pengembangan
SDM, artinya mempersiapkan pekerja menduduki posisi posisi demi pengembangan organisasi
di masa yang akan datang. Pengembangan juga diarahkan untuk menghadapi tantangan-tantangan
yang biasanya dihadapi organisasi.
Tantangan-tantangan yang dimaksud terdiri dari:
1.Keusangan
Karyawan: dimana karyawan tidak lagi mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan
pekerjaan secara efektif.
2.Perubahan
perubahan sosio teknis (sosialdanteknologi): merancang program pengembangan sesuai
kemajuan teknologi dan perubahan-perubahan
masyarakat.
3.Turnover(PerputaranKaryawan):
Turnover tidak dapat diperkirakan. Oleh karena itu organisasi (departemen SDM) harus
siap tiap saat menyediakan tenaga pengganti bila terjadi turnover.
Proses pelaksanaan pelatihan dan pengembangan
Karyawan
.Analisis kebutuhan terhadap
pelatihan (Training Needs Analysis)
.Mendisain modul pembelajaran
.Validasi
.Implementasi
.Evaluasi dan tindak lanjut
Analisis Kebutuhan Pelatihan
Analisis Organisasi
Analisis Tugas
Analisis Individu
Sumber data untuk analisis
kebutuhan pelatihan
.Deskripsi Jabatan
.Spesifikasi Jabatan
.Standar Pekerjaan
.Pelaksanaan Pekerjaan
.Mengamati sampel pekerjaan
Sumber data lainnya
. Sumber Kepustakaan berkaitan dengan
pekerjaan
.Ajukan pertanyaan berkaitan dengan
pekerjaan
.Komite pelatihan
.Analisis terhadap masalah operasi
Teknik Training Karyawan Operasional
1.
On-the-job
training
2.
Magang
3.
Simulasi
Belajar
Jarak Jauh
-Teletraining
(pelajar dan pengjar berbeda tempat)
-Video
conference (antara sesama pelajar berbeda tempat dengan pengajar)
4.
Pelatihan
berbasis komputer
5.
Pelatihan
melalui CD-ROM dan Internet
Pelatihan dan Pengembangan
Manajerial
I.
On-the-job training:
a. rotasi pekerjaan,
b. Pembelajaran Action learning
II .Off
the job Training
a. Metode studi kasus
b. Management games
c.outside seminars
d. Program berkaitan dengan
pendidikan akademis di universitas
Karakteristik
Trainer Yang Berhasil
.Minat
.Instruksi
yang jelas
.Memberikan
bantuan
.Antusias
.Memiliki
daya humor
.Jujur /
alamiah
.Memahami
pendengar
.Menguasai
materi
Pengukuran
Efektifitas Training
· -
Reaksi
Diukur berdasarkan
impresi, opini dans ikap, seberapa banyak partisipan yang menyukai program: content, trainer, metode.
· -
Pembelajaran
Seberapa
baik trainee mempelajari skill
tertentu(know-how)
· -
Perilaku.
Identifikasi
perubahan dalam skill, pola pekerjaan, relationship, kemampuan. Pengujian
transfer of training.
· -
Hasil
Pengaruh
training terhadap pencapaian tujuan organisasi. Analisiscost-benefit training
Evaluasi Pelatihan dan
Pengembangan
-Reaksi
terhadap pelaksanaan pelatihan (sarana, metode, isi, dan lainnya)
-Pembelajaran
(apakah peserta meningkat keterampian, perubahan sikap dan pengetahuan peserta pelatihian)
-Prilaku,
apakah ada perubahan prilaku peserta setelah mengikuti pelatihan
-Hasil,
ada peningkatan prestasi organisasi atau unit kerja sebagai akibat dari
peningkatan kemampuan, pengetahuan dan sikap karyawan yang telah dilatih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar